Senin, 13 Juni 2011

Jenis-Jenis Cupang

cupang memiliki beragam jenis maupun variasi yang berbeda-beda. mulai dari sirip warna hingga kualitas cupang itu sendiri. sampai saat ini cupang terus disilangkan atau dikawinkan dengan yang berlainan jenis untuk mendapatkan variasi yang beragam. sekarang ada 5 jenis cupang di Indonesia yaitu serit, halfmoon, plakat, aduan dan cupang dragon.
  1. cupang serit. 
cupang ini asli dari indonesia yang terus dikembangbiakkan sampai saat ini. dijuluki cupang serit karena sirip-sirip nya menyerupai sisir serit sehingga dinamakan cupang serit. sirip-sirip cupang serit pun beragam mulai dari crown tail, double tail, serit balok, serit kipas dll.

2. cupang halfmoon
cupang halfmoon memiliki ciri utama sirip yang tidak memiliki tonjolan seperti cupang serit. cupang halfmoon dijuluki seperti itu karena siripnya yang lebarnya setengah lingkaran/180 derajat (halfmoon). dipasaran cupang inilah yang memiliki harga tertinggi dari semua cupang karena variasi warnanya yang sangat beragam dan sirip yang indah dan paling digemari oleh penghobi cupang. jenis-jenis cupang ini antara lain halfmoon: cooper,silver, golden, orange, blue, green, double tail, butterfly dll.




3. cupang plakat
cupang ini hampir persis atau sama dengan cupang aduan. tetapi ada satu hal yang membedakannya , yaitu ketika ia terusik ia akan  membuka siripnya  lebar-lebar melebihi 180 derajat. cupang ini pertama kali dikembangkan di Thailand kemudian di ekspor dan sampailah cupang ini di Indonesia.


4.cupang aduan(Bagan)
cupang aduan adalah cupang yang ditarungkan atau diadu dalam kontes ikan cupang. jenis ini tidak memiliki warna,sirip,dan corak yang indah melainkan memiliki ketajaman dan keagresifan yang tinggi . dan jika diadu dengan cupang hias lainya cupang inilah yang paling terkuat walaupun tubuhnya tidak terlalu besar.



5.cupang dragon
cupang ini sangat terkenal di Indonesia karena memiliki warna yang menawan. yang membedakan antara cupang dragon dengan cupang biasa adalah sisik yang mengkilat dan terlihat tebal . cupang ini memiliki dua kombinasi yaitu warna sirip dan warna sisik yang membedakan nama dari setiap cupang misal red dragon (bersirip merah), yellow dragon(bersirip kuning),




1 komentar: